Minggu, 27 Mei 2012

RPP - Sistem Bahan Bakar / Karbulator Pada Sepeda Motor


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Pelajaran            : Sistem Bahan Bakar / Karbulator Pada Sepeda Motor
Kode                           : 020 KK 4
Waktu Pertemuan       : 90 Menit
Pertemuan ke              : 5

A.    Tujuan
1.      Umum
Setelah menyelesaikan mata pelajaran ini (pada akhir semester) siswa dapat mengetahui permasalahan yang ada pada karbulator sepeda motor serta dapat menanggulangi permasalahan-permasalahan tersebut dengan baik.
2.      Khusus
Setelah mengikuti mata pelajaran ini (pada akhir pertemuan ke-5) siswa diharapkan dapat menjelaskan sistem-sistem, komponen yang bekerja, dan dapat menganalisa kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apa bila salah satu sistem yang ada pada karbulator sepeda motor tidak bekerja dengan baik.

B.     Pokok Bahasan
Membahas tentang konsep dasar, prinsip kerja dan mengetahui sistem-sistem yang ada pada sistem karbulator sepeda motor.

C.     Sub Pokok Bahasan
1.      Prinsip kerja karbulator sepeda motor
2.      Sistem-sistem yang ada pada karbulator sepeda motor
3.      Komponen yang bekerja pada setiap sistem
4.      Masalah yang sering terjadi bila salah satu sistem tidak bekerja dengan baik

D.    Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
Kegiatan Pengajar
Kegiatan Siswa
Media dan Alat Pengajaran
Pendahuluan










Penyajian

































































Penutup
1.  Menjelaskan cakupan materi yang akan diajarkan pada pertemuan ke-5 ini.

2.  Menjelaskan manfaat mempelajari cara kerja, sistem-sistem yang ada dan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada karbulator sepeda motor.

3.  Menjelaskan kopetensi-kopetensi dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke-5 ini.

4.  Menjelaskan prinsip kerja pada karbulator sepeda motor.
a.       Menanyakan prinsip kerja pada karbulator yang siswa ketahui.
b.      Menuliskan jawaban-jawaban siswa dipapan tulis.
c.       Meluruskan dari jawaban-jawaban siswa.

5.    Menjelaskan sistem-sistem yang ada pada karbulator sepeda motor.
a.       Menjelaskan sistem pelampung, sistem idle, sistem tenaga, sistem akselarasi, sistem high primary, sistem high scondary dan sistem cuk.
b.      Menanyakan apakah siswa mengerti dari yang dijelaskan.
c.       Menanyakan pada salah satu siswa untuk mengulang sistem-sistem tersebut.

6.    Menjelaskan komponen-komponen yang bekerja pada setiap sistem karbulator sepeda motor.
a.    Menjelaskan cara kerja komponen-komponen saat mulai bekerja.
b.    Menjelaskan jalannya aliran bahan bakar dari sistem satu kesistem lainnya.

7.    Menjelaskan permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada sistem karbulator sepeda motor.
a.    Menjelaskan permasalahan pada sistem pelampung.
b.    Menjelaskan permasalahan pada skep-skep.
c.    Menjelaskan permasalahan pada baut-baut yang sering lecet.

8.    Membagi siswa dalam kelompok-kelompok diskusi
a.    Membagi kelompok siswa menjadi 6 kelompok.
b.    Memberikan suatu topik yang akan dibahas pada kelompok-kelompok. Kelompok 1 sampai 3 membahas permasalahan yang terjadi pada tiap komponen. Kelompok 4 sampai 6 membahas permasalahan yang akan terjadi pada kendaraan sepeda motor.

9.    Memberi kesempatan pada perwakilan kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi mereka.
a.    Menyuruh perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil diskusi didepan kelas.
b.    Mencatatkan poin-poin penting yang dijelaskan oleh perwakilan kelompok kepapan tulis.

10.             Mengambil kesimpulan dari hasil diskusi, serta menambahkan hal-hal yang perlu ditambah.

11.  Menutup pertemuan
a.    Menekakan kembali kesimpulan yang telah didiskusikan.
b.    Mengundang agar siswa bertanya hal-hal yang masih meragukan.
c.    Memberikan gambaran umum tentang materi pelajaran yang akan datang.

Memperhatikan


Memperhatikan




Memperhatikan




Melakukan atau memberikan sumbang saran






Memperhatikan serta mencatat poin-poin yang penting.


Memberikan sumbang saran.





Memperhatikan








Memperhatikan serta mencatat poin-poin yang penting







Melakukan diskusi pada temen sekelompok







Mengemukakan pendapat





Mencatat poin-poin yang penting


Memperhatikan dan mengemukakan pendapat













Papan tulis putih







LCD Power point








LCD power point









LCD power point










Papan tulis













Papan tulis















E.     Evaluasi
1.    Instrumen yang digunakan check list untuk menilai strategi pengambilan keputusan permasalahan siswa-siswa yang memadai.
2.    Mengabsen siswa yang hadir dalam pertemuan kali ini.

F.      Referensi
·      Modul sistem bahan bakar bensin
·      Toyota New Step 1
·      Toyota new step 2 (Engine Group)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar