RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Sistem
Bahan Bakar / Karbulator Pada Sepeda Motor
Kode : 020
KK 4
Waktu Pertemuan : 90 Menit
Pertemuan ke : 5
A. Tujuan
1. Umum
Setelah
menyelesaikan mata pelajaran ini (pada akhir semester) siswa dapat mengetahui
permasalahan yang ada pada karbulator sepeda motor serta dapat menanggulangi
permasalahan-permasalahan tersebut dengan baik.
2. Khusus
Setelah mengikuti
mata pelajaran ini (pada akhir pertemuan ke-5) siswa diharapkan dapat menjelaskan
sistem-sistem, komponen yang bekerja, dan dapat menganalisa
kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apa bila salah satu sistem yang ada
pada karbulator sepeda motor tidak bekerja dengan baik.
B. Pokok Bahasan
Membahas tentang
konsep dasar, prinsip kerja dan mengetahui sistem-sistem yang ada pada sistem
karbulator sepeda motor.
C. Sub Pokok Bahasan
1. Prinsip kerja karbulator sepeda motor
2. Sistem-sistem yang ada pada karbulator sepeda
motor
3. Komponen yang bekerja pada setiap sistem
4. Masalah yang sering terjadi bila salah satu sistem
tidak bekerja dengan baik
D. Kegiatan Belajar Mengajar
Tahap
|
Kegiatan Pengajar
|
Kegiatan Siswa
|
Media dan Alat Pengajaran
|
Pendahuluan
Penyajian
Penutup
|
1. Menjelaskan cakupan materi yang
akan diajarkan pada pertemuan ke-5 ini.
2. Menjelaskan manfaat mempelajari
cara kerja, sistem-sistem yang ada dan permasalahan-permasalahan yang sering
terjadi pada karbulator sepeda motor.
3. Menjelaskan kopetensi-kopetensi
dalam TIU dan TIK untuk pertemuan ke-5 ini.
4. Menjelaskan prinsip kerja pada
karbulator sepeda motor.
a. Menanyakan prinsip kerja pada
karbulator yang siswa ketahui.
b. Menuliskan jawaban-jawaban
siswa dipapan tulis.
c. Meluruskan dari jawaban-jawaban
siswa.
5. Menjelaskan sistem-sistem yang
ada pada karbulator sepeda motor.
a. Menjelaskan sistem pelampung,
sistem idle, sistem tenaga, sistem akselarasi, sistem high primary, sistem
high scondary dan sistem cuk.
b. Menanyakan apakah siswa
mengerti dari yang dijelaskan.
c. Menanyakan pada salah satu siswa
untuk mengulang sistem-sistem tersebut.
6. Menjelaskan komponen-komponen
yang bekerja pada setiap sistem karbulator sepeda motor.
a. Menjelaskan cara kerja komponen-komponen
saat mulai bekerja.
b. Menjelaskan jalannya aliran
bahan bakar dari sistem satu kesistem lainnya.
7. Menjelaskan
permasalahan-permasalahan yang sering terjadi pada sistem karbulator sepeda
motor.
a. Menjelaskan permasalahan pada
sistem pelampung.
b. Menjelaskan permasalahan pada
skep-skep.
c. Menjelaskan permasalahan pada
baut-baut yang sering lecet.
8. Membagi siswa dalam
kelompok-kelompok diskusi
a. Membagi kelompok siswa menjadi
6 kelompok.
b. Memberikan suatu topik yang
akan dibahas pada kelompok-kelompok. Kelompok 1 sampai 3 membahas
permasalahan yang terjadi pada tiap komponen. Kelompok 4 sampai 6 membahas
permasalahan yang akan terjadi pada kendaraan sepeda motor.
9. Memberi kesempatan pada
perwakilan kelompok untuk mengemukakan hasil diskusi mereka.
a. Menyuruh perwakilan kelompok
untuk menjelaskan hasil diskusi didepan kelas.
b. Mencatatkan poin-poin penting
yang dijelaskan oleh perwakilan kelompok kepapan tulis.
10.
Mengambil kesimpulan dari hasil diskusi, serta menambahkan hal-hal yang
perlu ditambah.
11. Menutup pertemuan
a. Menekakan kembali kesimpulan
yang telah didiskusikan.
b. Mengundang agar siswa bertanya hal-hal
yang masih meragukan.
c. Memberikan gambaran umum
tentang materi pelajaran yang akan datang.
|
Memperhatikan
Memperhatikan
Memperhatikan
Melakukan atau memberikan sumbang saran
Memperhatikan serta mencatat poin-poin yang penting.
Memberikan sumbang saran.
Memperhatikan
Memperhatikan serta mencatat poin-poin yang penting
Melakukan diskusi pada temen sekelompok
Mengemukakan pendapat
Mencatat poin-poin yang penting
Memperhatikan dan mengemukakan pendapat
|
Papan tulis putih
LCD Power point
LCD power point
LCD power point
Papan tulis
Papan tulis
|
E. Evaluasi
1. Instrumen yang digunakan check list untuk menilai
strategi pengambilan keputusan permasalahan siswa-siswa yang memadai.
2. Mengabsen siswa yang hadir dalam pertemuan kali
ini.
F. Referensi
·
Modul sistem bahan bakar bensin
·
Toyota New Step 1
·
Toyota new step 2 (Engine Group)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar